Cara Efektif Meningkatkan Trafik Pengunjung Website

1

Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 250 juta jiwa, dimana saat ini hampir 90 juta adalah pengguna internet. Jumlah pengakses internet yang sangat besar ini adalah potensi bisnis yang sangat menjanjikan. Dengan dukungan jangkauan internet yang semakin luas, jaringan yang semakin maju dengan hadirnya 4G, dan pesatnya pertumbuhan pengguna smartphone sudah cukup membuktikan potensi yang luar biasa dalam bisnis internet.

Untuk menjalankan bisnis internet, maka kehadiran website adalah suatu keniscayaan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Walaupun bisa saja menjalankan bisnis internet dengan tanpa website milik sendiri, namun tetap saja paling tidak seorang pelaku bisnis mempunyai laman resmi (official website) akan bisnis yang dijalankannya.

Membuat website adalah perkara yang bisa dibilang tidak terlalu sulit. Saat ini telah hadir beragam teknologi yang sangat membantu dalam membuat website. Yang penting adalah menganalisa dahulu website seperti apa yang dibutuhkan. Setelahnya bisa dikerjakan sendiri, atau sebaiknya diserahkan kepada tenaga profesional yang ahli membuat dan mendesain web.

Setelah website berdiri, langkah selanjutnya adalah mempromosikan web tersebut agar mendatangkan penjunjung. Tentu sangat sia-sia jika waktu yang dihabiskan untuk membuat website yang canggih dan menarik tetapi sepi pengunjung. Bukan ini yang diinginkan.

Membangun website sama halnya seperti membangun toko atau kantor. Setelah dibangun dan ditata dengan baik maka selanjutnya harus dipikirkan strategi yang efektif untuk medatangkan pengunjung.

Dilihat dari sumber trafik yang datang, setidaknya ada 3 sumber trafik berasal, yaitu: search engine, direct traffic, dan website referer. Search engine populer saat ini masih didominasi oleh Google, kemudian diikuti oleh Bing dan Yahoo. Direct traffic atau trafik langsung artinya pengunjung mengetikkan langsung URL website di browser. Referer artinya trafik berasal dari website lain yang terdapat tautan menuju website Anda. Dengan demikian, bila dirinci berikut inilah beberapa cara efektif yang bisa dicoba untuk meningkatkan trafik website:

1. Menggunakan Teknik Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah suatu metode yang digunakan untuk mengoptimalkan website dari dalam dan dari luar dengan tujuan menempati ranking dengan posisi terdepan di halaman hasil pencarian search engine. Lebih dari 70% pengunjung website biasanya bersumber dari search engine.

Google adalah search engine paling populer saat ini. Seseorang akan menggunakan Google untuk mencari informasi tertentu dengan mengetikkan kata kunci. Halaman-halaman website yang muncul di halaman pertama (ranking 1-10) mempunyai peluang lebih besar untuk diklik. Semakin tinggi rankingnya semakin besar pula potensi trafik yang bisa didapat dari Google. Kelebihan menggunakan teknik ini adalah bisa nangkring di ranking atas dengan gratis dan mendapatkan pengunjung yang potensial sesuai kata kunci. Kekurangannya, teknik SEO membutuhkan waktu, kesabaran, dan ketekunan agar bisa mencapai hasil yang maksimal tergantung tingkat persaingan pada kata kunci tersebut. Pembahasan lebih mendalam mengenai SEO akan dimuat pada tulisan mendatang.

2. Sosial Media

Sumber trafik yang bisa mendatangkan pengunjung berikutnya adalah sosial media. Facebook, twitter, dan instagram adalah 3 besar sosial media yang banyak digunakan saat ini. Selain karena penggunanya yang besar, fitur-fitur yang disediakan sangat memudahkan bagi pebisnis online untuk memanfaatkannya sebagai media promosi. Agar promosi dengan sosial media bisa efektif, perlu dilakukan strategi yang tepat. Misalnya analisis terlebih dahulu siapa yang akan menjadi target promosi, jenis kelaminnya, usianya, latar pendidikan, tempat tinggal, perangkat yang dipakai, kegemaran, dan sebagainya. Dan masih banyak strategi jitu lainnya untuk meningkatkan trafik web dari facebook dan twitter. Akan dibahas di artikel lain.

3. Promosi Online

Trafik yang berasal dari web lain yaitu apabila seseorang mengklik tautan di website A menuju website B. Ini berarti website B mendapatkan trafik dari website A. Cara yang bisa dilakukan untuk teknik ini diantaranya adalah membuat tulisan di situs-situs web 2.0 seperti forum, blog, dan situs jurnalisme warga. Tentunya dengan memperhatikan aturan main yang ditetapkan oleh admin. Bisa juga memasang iklan berbayar di Google Adwords agar web Anda muncul di peringkat paling atas. Tentu butuh biaya yang dikeluarkan untuk setiap klik. Selain itu, carilah website yang potensial dan pasanglah advertorial atau banner di website tersebut. Manfaatkan juga whatsapp dan BBM untuk menjaring trafik website.

4. Promosi Offline

Dari sinilah direct traffic berasal. Pengunjung web yang sudah mengenal nama domain suatu website akan mengetikkan langsung di aplikasi web browser. Biasanya pengunjung direct traffic adalah pengunjung berulang (sudah pernah berkunjung sebelumnya) dan pengunjung yang pernah menemukan nama website tersebut melalu berbagai media promosi offline seperti media cetak, media elektronik, radio, reklame, stiker, kaos, brosur, buku, spanduk, dan berbagai media promosi lainnya. Kekurangan dari cara promosi offline adalah membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Itulah beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan trafik website. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Bisa dicoba salah satunya saja secara bertahap atau beberapa teknik sekaligus agar lebih dahsyat, namun dibutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Semoga bermanfaat.

Share.

1 Comment

Leave A Reply